Menurut Undang-undang No.
25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan
antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan
masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh
perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan
kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Peran koperasi dalam
memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga saat ini sangat lah
banyak. Karena masyarakat dapat meminjam atau berdagang pada koperasi tersebut.
Bukan hanya itu saja peranan yang dilakukan koperasi juga dapat membantu
Negara untuk menggembangkan usaha kecil yang ada dalam masyarakat.
Peranan koperasi dalam perekonomian
Indonesia adalah :
1.
Alat pendemokrasi ekonomi
2.
Alat perjuangan ekonomi untuk mempertinggi
kesejahteraan rakyat
3.
Membantu pemerintah dalam mengelola
cabang-cabang produksi yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak
4.
Sebagai soko guru perekonomian nasional
Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi nasional)
5.
Membantu pemerintah dalam meletakkan
fondasi perekonomian nasional yang kuat dengan menjalankan prinsip-prinsip
koperasi Indonesia
Peran Koperasi
diberbagai Keadaan Persaingan
1.
Di Pasar Persaingan
Sempurna
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
·
Adanya penjual dan
pembeli yang sangat banyak
·
Produk yang dijual
perusahaan adalah sejenis (homogen)
·
Perusahaan bebas untuk
mesuk dan keluar
·
Para pembeli dan
penjual memiliki informasi yang sempurna
2.
Di Pasar Monopolistik
·
Banyak pejual atau
pengusaha dari suatu produk yang beragam
·
Produk yang dihasilkan
tidak homogeny
·
Ada produk
substitusinya
·
Keluar atau masuk ke
industri relatif mudah
·
Berbeda-beda sesuai
dengan keinginan penjualnya
3.
Di Pasar Monopsoni
·
Disini ada penjual
banyak tetapi hanya ada satu pembeli.
4.
Di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk menghindari perang harga, perusahaan
akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara
melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk.
·
Penawaran Harga yang
bersifat Predator
·
Price Leadership
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar